Rapat Banggar Dan TAPD Terkait APBD Malra 2024 Diskors Hingga Esok

Pembahasan APBD Tahun 2024 antara Banggar DPRD dan TAPD Maluku Tengggara, Sabtu (25/11/2023).

Langgur, MalukuPost.com – Pembahasan APBD Tahun 2024 antara Badan Anggaran (Banggar) DPRD Maluku Tenggara (Malra) dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) diskors hingga esok (Minggu) sore.

Hal tersebut terungkap dalam rapat Banggar DPRD setempat dan TAPD yang digelar malam ini, Sabtu (25/11/2023).

Bacaan Lainnya

Pantauan MalukuPost.com, rapat tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Minduchri Kudubun didampingi Wakil Ketua II Yohanis Bosko Rahawarin.

“Jumlah anggota Banggar sebanyak 13 orang. Yang hadir dan menandatangani absen sebanyak 9 orang, dengan demikian maka forum terpenuhi,” kata Kudubun dalam arahan pembuka.

Rapat didahului dengan penyerahan Visi Banggar DPRD oleh Ketua Minduchri Kudubun kepada Penjabat Sekda Nicodemus Ubro selaku Koordinator TAPD.

Pada kesempatan itu, Koordinator TAPD menjelaskan, dalam rangka melakukan penyesuaian-penyesuaian terhadap visi banggar tersebut maka pihaknya meminta waktu untuk mempelajari.

“Dalam rangka untuk bagaimana melakukan penyesuaian terhadap visi banggar yang ada maka kami meminta waktu untuk dipelajari, karena harus ada ketelitian untuk bisa menyeuaiakan (menyelesaikan) visi banggar,” beber Ubro.

Selain itu, lanjut Ubro, belum tersusunnya postur anggaran APBD 2024 secara baik (balance), sehingga pihaknya meminta waktu sejak malam ini hingga esok pagi untuk tim bekerja guna menyelesaikan postur anggaran dimaksud serta menjawab visi Banggar.

Untuk itu, TAPD meminta waktu hingga esok hari Minggu (26/11) pukul 16.00 WIT.

Mendengar permintaan penundaan (skor) waktu untuk pembahasan oleh TAPD, Ketua DPRD menyatakan bahwa pembahasan APBD ini harus diprioritaskan karena menyangkut kehidupan masyarakat Malra

“Saya harap esok sore itu jam 4 kita on time, agar malamnya kita sudah masuk pada tahap paripurna persetujuan,” tandas Kudubun.

Anggota Banggar yang hadir yakni Stepanus Laiyanan, Benediktus Fadly Rejaan, Christo Beruatwarin, Wilibrordus Lefteuw, Kristian Nelson Meturan dan Paskalina Elmas juga telah menyepakati agar pembahasan dilanjutkan esok hari (sore).

Wakil Ketua Yohanis Bosko Rahawarin dalam rapat tersebut juga menyampaikan bahwa pembahasan APBD Tahun 2024 ini hanya tersisa beberapa hari.

“Kenapa esok kita harus membahas, karena pertama esok kita punya dua anggota DPRD dari partai PDIP akan mengikuti kegiatan Partai. Selanjutnya pada hari Senin, empat orang dari fraksi PKB juga harus berangkat mengikuti kegiatan partai. Dengan demikian maka waktu yang tersedia untuk membahas APBD ini semakin sedikit,” ungkapnya.

Olehnya itu, Rahawarin berharap agar TAPD dalam pembahasan esok dapat memaksimalkan waktu dengan baik.

“Bukan berarti kita harus cepat-cepat dalam pembahasan, tetapi walaupun dengan waktu yang singkat namun harus berbobot, sehingga apa yang tertuang dalam visi banggar ini dapat diperhatikan dengan baik, dan juga hal-hal yang disampaian oleh pimpinan dan anggota DPRD,” tegasnya.

Pos terkait