Hatta Hehanussa Dorong Usaha Produk Rumahan dan Usaha Pertanian di SBB

  • Whatsapp
Wakil Ketua Komisi III DPRD Maluku, Hatta Hehanusa
Wakil Ketua Komisi III DPRD Maluku, Hatta Hehanusa

Ambon, MalukuPost.com – Anggota DPRD Maluku asal daerah pemilihan (Dapil) Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Hatta Hehanussa mendorong usaha pertanian yang dilakukan sekelompok anak muda maupun usaha produk rumahan yang dikembangkan masyarakat, khususnya di Kecamatan Kairatu.

“Di sini banyak produk-produk lokal seperti usaha keripik pisang yang dijual di kompleks pelabuhan penyeberangan feri Waipirit, tetapi itu hanya dikemas dalam tas plastik biasa,” ungkapnya di Ambon, Jumat (17/09/2021) usai melakukan kunjungan reses ke sejumlah desa dan kecamatan di Kabupaten SBB.

Hatta katakan, cara pengemasan seperti itu tentunya tidak terlalu menjamin kemajuan usaha mereka sehingga perlu didorong pola pikir warga untuk mengemas produk mereka agar lebih menarik minat pembeli yang selalu ramai di pelabuhan tersebut.

“Selama ini kemasannya terlihat biasa. Jadi, perlu dibuat kemasan khusus, dan ini akan kita bantu lewat aspirasi anggota DPRD Maluku,”ujarnya.

Menurut Hatta, selain usaha produk rumahan, di daerah itu juga terdapat usaha pertanian yang diprakrasai sekelompok anak muda yang membuka lahan untuk menanam aneka jenis sayuran termasuk daun selada.

“Contohnya di daerah Kilo meter 9 Kecamatan Kairatu terdapat beberapa kelompok usaha pertanian yang diprakarsai anak muda yang perlu kita dorong untuk pengembangan usaha mereka,” tandasnya.

Dijelaskan Hatta, usaha pertanian seperti itu tentunya cukup berpotensi untuk meningkatkan pendapatan dan perekonomian anak muda sebab lahan di sana sangat luas dan memiliki tingkat kesuburan yang menjanjikan.

“Bila potensi ini dikembangkan dalam skala yang lebih luas tentunya memenuhi kebutuhan pasaran lokal maupun diangkut ke Pulau Ambon, sebab sarana transportasi laut seperti kapal feri lancar setiap hari,” katanya.

“Intinya program pemberdayaan ekonomi di kalangan generasi muda yang kreatif seperti ini harus didukung pengembangannya. Anak muda agar mereka bisa menyampiakan inovasi-inovasi kreatif untuk mengembangkan berbagai potensi yang ada di lingkungannya untuk dijadikan suatu produk bisa dipasarkan,” katanya menambahkan.

Pos terkait