Sejumlah Ranperda Dibahas Bapemperda DPRD Malra

Rapat Pembahasan Ranperda oleh Bapemperda DPRD Malra. (foto: Labes Remetwa)

Langgur, MalukuPost.com – Sejumlah rancangan peraturan daerah (Ranperda) mulai dibahas Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kabupaten Maluku Tenggara (Malra).

Pembahasan sejumlah Ranperda tersebut mencuat dalam rapat Bapemperda DPRD setempat, Senin (5/9/2022).

Bacaan Lainnya

Rapat yang dipimpin oleh Ketua Bapemperda Abraham Beruatwarin tersebut, dihadiri pula oleh Ali Arsyad Ohoiulun (wakil ketua), dan masing-masing anggota yakni Thomas Ulukyanan, Esebius Utha Safsafubun, Albert Alo Jamlean, Eva Putnarubun, Emanuel Ufi serta Sekwan Andreas Savsavubun.

Salah satu Ranperda yang disepakati untuk dibahas oleh Bapemperda adalah yakni tentang Perlindungan Perempuan dan Anak.

Untuk dietahui, Ranperda ini merupakan usul inisiatif DPRD, tepatnya usulan anggota Komisi II DPRD Malra, Esebius Utha Safsafubun.

Pimpinan dan anggota Bapemperda bersepakat untuk membahas Ranperda tentang perlindungan perempuan dan anak karena dokumennya dianggap lengkap, baik itu draft maupun naskah akademiknya (NA).

Dalam rapat diputuskan agar pembahasan Ranperda tersebut diawali dengan agenda harmonisasi, pembulatan, dan pematangan konsepsi, sebelum disosialisasikan ke masyarakat.

Pengharomisasian untuk menyelaraskan Ranperda dengan peraturan perundang-undangan lainnya yang lebih tinggi, sederajat, maupun yang lebih rendah dan hal-hal lain.

Pembulatan materi rancangan Perda dilakukan agar mencerminkan asas, memperjelas maksud dan tujuan.

Sementara pematangan konsepsi terhadap Ranperda meliputi sistematika dan teknik penyusunan rancangan Perda dan tata bahasa.

Untuk diketahui, Keputusan rapat ini akan dikonsultasikan lebih lanjut ke pimpinan DPRD Malra untuk mendapat persetujuan.

Pos terkait