Mimpi Besar Maluku Jadi Tuan Rumah PON

  • Whatsapp
Ruslan Hurasan
Wakil Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Maluku, Ruslan Hurasan

Ambon, MalukuPost.com – Suksesnya penyelenggaran Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XX di Papua, menarik perhatian dari seluruh masyarakat Indonesia. Terkhususnya daerah-daerah yang bermimpi untuk menjadi tuan rumah di event olahraga terbesar di Indonesia ini, salah satunya Maluku.

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Maluku, Ruslan Hurasa, mengungkapkan untuk mewujudkan mimpi tersebut membutuhkan kerjasama semua puhak, baik itu Pemerintah Daerah (Pemda), DPRD dan masyarakat Maluku secara luas, guna mempersiapkan segala kebutuhan, mulai dari sumber daya manusia (atlet), infrastruktur olahraga dan anggaran.

Bacaan Lainnya

“8 tahun Papua mengusulkan untuk menjadi tuan rumah PON, tentunya sudah mempersiapkan semua hal, terbukti sukses. Maluku juga harus demikian,”ujar Hurasan dikonfirmasi, selasa (12/08/2021).

Untuk itu, menurutnya ada beberapa hal yang perlu dilakukan, mulai dari membenahi seluruh infrastruktuir, dalam hal ini stadion, dan semua venue olahraga, sumber daya manusia (atlet), serta adanya political will (kemauan/keberpihakan politik) darii Pemda maupun DPRD untuk menyakinkan kepada pemerintah pusat, bahwa Maluku sudah layak menjadi tuan rumah.

“Kita harus intropeksi diri bahwa cabor di PON pasti punya infrastruktur, betul kami berharap kedepan Maluku menjadi tuan rumah PON, kita akan dorong itu. Cuma kan Maluku harus pemebanahan diri, kalau misalkan PON 4-12 tahun kemudian menjadi target untuk menjadi tuan rumah, maka harus ada kerja bersaa antara Pemda, DPRD, dan seluruh komponen masyarkat,”tuturnya.

“Jadi orang bilang sebelum bangun tidur dari mimpi yang panjang, makanya mulai dari sekarang harus dibenahi. Pasti orang bilang tidak masuk akal Maluku menjadi tuan rumah PON, saya yakin Maluku bisa,”sambungnya.

Untuk itu, kata Hurasan yang perlu dilakukan saat ini, yaitu mengevaluasi ke-olahraga-an di Maluku pasca PON XX dalam hal medali sudah memenuhi target atau belum, kemudian barulah dibicarakan ke arah kedepan terkait rencana besar untuk menjadi tuan rumah PON.

Walaupun demikian, Hurasan optimis dengan komitmen bersama dari Pemda, DPRD dan masyarakat, Maluku bisa menjadi tuan rumah nantinya. Mengingat dari PON selain berimplikasi baik terhadap pertumbuhan ekonomi, juga olahraga di Maluku bisa tertata dengan baik.()

Pos terkait