Disnaketrans Maluku Diingatkan Identifikasi Kebutuhan Tenaga Kerja Sebelum Ambon New Port Dan LIN Beroperasi

  • Whatsapp

Ambon, MalukuPost.com – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnaketrans) Provinsi Maluku diingatkan untuk melakukan idendtifikasi kebutuhan tenaga kerja, sebelum beroperasinya Ambon New Port dan Lumbung Ikan Nasional (LIN), Negeri Waai, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Pulau Ambon.

“Identifikasi ini mulai dari desa, perguruan tinggi, baru disambut pemerintah kabupaten/kota, kemudian provinsi,”ujar Wakil Ketua DPRD Maluku, Ruslan Hurasan, jumat (19/11/2021).

Bacaan Lainnya

Dikatakan, hal ini dimaksudkan agar dilakukan pelatihan sumber daya manusia bekerjasama dengan balai latihan kerja.

“ini yang harus dilakukan, karena ini menjadi catatan kita dalam melakukan kunjungan di beberapa perusahaan, disatu sisi mendorong penerimaan tenaga kerja harus diatas 50 persen tenaga lokal, tetapi disisi lain kita juga harus menyiapkan SDM terutama skil,”tuturnya.

Tidak hanya kedua proyek dimaksud, SDM juga harus dipersiapkan untuk mengisi tenaga kerja di Blok Masela.

Sebagai tindaklanjut, ungkap Hurasan berdasarkan hasil koordinasi dengan PT Maluku Energi Abadi selaku Badan Usaha milik Daerah (BUMD), sudah menyiapkan tenaga terampil.

“TahUn depan sudah dijanjikan kepala dinas, hampir 300 orang, 100 orang diperuntukan untuk tenaga skil, ini harus disambUt,”pungkasnya.

Pos terkait