Sikapi Mandeknya Proyek Jaringan listrik, Saoda Tegaskan Huku Kecil Masuk Dalam 97 Titik Target PLN

  • Whatsapp
Ketua Komisi II DPRD Provinsi Maluku, Saoda Tethol
Ketua Komisi II DPRD Provinsi Maluku, Saoda Tethol

Ambon, MalukuPost.com – Mandeknya proyek jaringan listrik di Desa Huku Kecil, Kecamatan Elpaputih, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) sangat meresahkan masyarakat sekitar.

Pasalnya tiang lstrik maupun kabel dari proyek yang dikerjakan sejak tahun 2019 dibiarkan begitu saja di pinggir jalan.

Bacaan Lainnya

Persoalan yang pernah ditanggapi ketua Komisi IV DPRD Maluku, Samson Atapary kini disikapi langsung Komisi terkait, selaku mitra dari PLN.

Ketua Komisi II, Saoda Tethol kepada wartawan di balai rakyat, karang panjang, Ambon, jumat (10/09/20201), mengungkapkan dari penjelasan PLN, untuk mengangkut tiang listrik membutuhkan biaya yang sangat besar, maka itu PLN melakukan pengadaan sekali jalan untuk beberapa lokasi yang listriknya akan masuk.

“Jadi tiang listrik, kadang membuat pertanyan bagi masyarakat, apakah kalau sudah ada tiang ini besok atau lusa listrik nyala atau jaringannya sudah dikerjakan tapi kenyataan bertahun-tahun, kadang satu, dua sampei lima tahun dimana tiang listrik sudah mulai berkarat baru dipasang, begitupun jaringannya. Hal inilah yang membuat masyarakat kecewa, listrik sampai sekarang belum menyala,”ungkapnya.

Walaupun demikian, diakuinya Desa Huku Kecil termasuk dalam 97 titik Maluku dan Maluku Utara yang sudah harus teraliri listrik di tahun 2022 mendatang.

“Sesuai rapat bersama GM PLN Desa Huku termasuk dalam 97 titik,”cetusnya.

Untuk itu, dalam pelaksanaannya pihaknya akan tetap mengawasi, sehingga pernyataan PLN dapat terwujud di tahun 2022.

Terlepas hal tersebut, kata Saoda pemeritah pusat sedang mengerakan untuk kembali ke gas, tapi melihat infrastruktur hal itu tidak mungkin terlaksana.

“Untuk bio sel saja belum menyala apalagi masuk ke gas. masyarakat Maluku pada daerah tertentu sampai sekarang belum bisa menikmati listrik secara baik, untuk itu ada dispensasi baik yang dberikan kepada maluku untuk bisa melakukan pengadaan mesin disel. Jadi maluku menggunakan disel dulu sebelum masuk ke gas,”tuturnya.

Pos terkait