Tiga Desa Di Kecamatan Siwalalat Diterjang Banjir

Anggota Komisi III DPRD Provinsi Maluku, Fauzan Husni Alkatiri
Anggota Komisi III DPRD Provinsi Maluku, Fauzan Husni Alkatiri

Ambon, MalukuPost.com – Hujan yang turun dengan intensitas tinggi sejak kamis 5 Agustus mengakibatkan sejumlah wilayah di Maluku terendam banjir, diantaranya tiga desa di kecamatan siwalalat, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) yaitu Sabuai, Abuleta, dan Atiahu.

“Saat ini kurang lebih 2000 warga di tiga tersebut mengungsi,”ungkap Anggota Komisi II DPRD Maluku, Fauzan Alkatiri dalam rapat paripurna penyampaian pendapat akhir fraksi-fraksi, berlangsung di balai rakyat karang panjanh, Ambon, jumat (06/08/2021).

Bacaan Lainnya

Dirinya mengakui, bencana alam tersebut ternyata sudah diprediksikan pasca pembabatan hutan dengan izin perkebunan di kecamatan siwalalat, salah satunya yang dilakukan CV Sumber Berkat Makmur (SBM) dibawah kendali Imanuel Quedarusman selaku Komisaris Utama.

“Saya ingatkan secara tegas kepada pemda ketika sebuah kejahatan yang kita biarkan terus menerus, maka yang akan terima di masa depan yaitu kerusakan, dan hari ini sudah terbukti,”ungkapmya.

Untuk itu, dirinya mengingatkan Pemerintah daerah untuk mengambil langkah-langkah pencegahan dan menanggulangi bencana kemanusian terjadi di kecamatan siwalalat.

Ditempat yang sama, ketua Komisi II Saoda tethol, meminta kepada Pemda agar secepatnya mengambil langkah untuk membantu masyarakat terdampak bencana.

“Besok sudah ada bantuan kepada masyarakat di tiga desa karena menjadi tanggungjawab bersama,”pintanya.

Saoda juga meminta kepada pemda untuk melakukan reboisasi terhadap kerusakan hutan di kecamatan siwalalat.

Pos terkait