DPRD Kabupaten Malra Harapkan Program Ketahanan Pangan “Ve’e Kes Yang” Tetap Berlanjut

  • Whatsapp
Alberth Efruan
Wakil Ketua I DPRD Maluku Tenggara, Alberth Efruan

Langgur, MalukuPost.com – Gerakan Ketahanan Pangan Maluku Tenggara (Ve’e Kes Yang) mendorong Budaya Berkebun, Difersifikasi Pangan Lokal dan Peningkatan Produktivitas Pertanian berhasil mendapat pengakuan Pemerintah Pusat melalui Tim Pengendali Inflasi Pusat (TPIP) dengan Penghargaan TPID Kabupaten/Kota Terbaik Tahun 2020 Wilayah Nusa Tenggara, Papua dan Maluku.

Capaian positif tersebut mendapat respon dari DPRD Kabupaten Maluku Tenggara (Malra).

Kepada Malukupost.com di Langgur, Selasa (31/8/2021), Wakil Ketua DPRD setempat Kabupaten Maluku Tenggara Albert Efruan mengapresiasi langkah Pemda Malra dalam menjaga ketahanan pangan melalui program inovasi “Ve’e Kes Yang” (kebun perbekalan).

“Kami harap program Ve’e Kes Yang ini tidak sebatas kita meraih penghargaan TPID Terbaik,” ujarnya.

Politisi Partai Gerindra tersebut mengatakan, DPRD Malra berharap program ini harus sustainable (berkelanjutan).

“Ketika hari ini Pemerintah Daerah mengembangkan gerakan budaya ketahanan pangan dengan nama Ve’e Kes Yang, dimana budaya itu adalah warisan dari para leluhur Kei, maka kami berharap ini sustainable (berkelanjutan),” tandasnya.

Efruan berharap, TPID Award Terbaik 2020 yang diraih Kabupaten Maluku Tenggara Langgur tersebut sebagai motivasi bagi Pemda, terutama kepada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan untuk terus mengembangkan program ini ke kecamatan hingga ohoi-ohoi.

“Secara kelembagaan, kami (DPRD Malra) tetap mendukung Pemerintah Daerah dari sisi penganggaran untuk pengembangan Ve’e Kes Yang ini,” tegasnya.

Pos terkait