Gelar Reses Kedua, Ini Aspirasi Warga Ohoi Kepada Rahawarin

Langgur, MalukuPost.com – Reses kedua dilakukan oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Maluku Tenggara (Malra), Yohanis Bosko Rahawarin pada wilayah Daerah Pemilihannya (Dapil) yakni Kei Kecil.

Dua ohoi (desa) yakni Ngayub dan Namar menjadi lokasi politis PAN tersebut pada Rabu (20/7) lalu.

Bacaan Lainnya

Kepada media ini di Langgur, Sabtu (23/7/2022), mengungkapkan, reses dimaksud untuk menjaring aspirasi konstituen sekaligus melakukan fungsi pengawasan.

Konstituen di ohoi Ngayub menyampaikan sejumlah masukkan dan harapan kepada Rahawarin. Misalnya kebutuhan akan air bersih, dimana warga hingga saat ini masih membeli air bersih dari mobil tangki.

Warga minta pipanisasi dari danau Ablel agar bisa menjawab kebutuhan air bersih mereka.

Warga ohoi Ngayub meminta agar Pemda Malra membangun infrastruktur (ruas jalan Ngayub ke Ohoiluk). Hal tersebut karena wilayah pelayanan kesehatan ohoi ini masuk dalam Puskesmas Debut.

Selain itu, mereka juga meminta kejelasan dan ketegasan dari pemerintah soal BPJS Ketenagakerjaan bagi warga yang kurang mampu.

Meskipun ohoi Ngayub masuk dalam wilayah Kota Langgur, namun warga masih kesulitan dalam berkomunikasi akibat kesulitan untuk mendapatkan sinyal internet Telkomsel.

Bantuan pemberdayaan dalam rangka pengembangan Usaha Masyarakat Kecil dan Menengah (UMKM), serta bantuan bedah sejumlah rumah menjadi harapan warga di ohoi setempat.

Sementara di ohoi Namar, konstituen menitipkan banyak harapan kepada Wakil Ketua DPRD Malra ini.

Sama halnya dengan di Ngayub, warga Namar juga mengeluh kesulitan mendapatkan air bersih. Meskipun sudah ada pipanisasi tapi beberapa bagian sudah putus.

Akses jalan yang layak menuju ke ohoi Ngilngof juga menjadi harapan warga dalam rangka pelayanaan kesehatan di Puskesmas.

Warga juga meminta perhatian Pemda Malra agar merehabilitasi rumah dinas (rumdis) guru di ohoi Namar, serta bantuan bedah rumah bagi warga.

Dari kalangan pemuda dalam hal ini Orang Muda Katolik (OMK) secara langsung meminta bantaun alat musik (Keyboard) kepada Rahawarin untuk mendukung program dan kegiatan pelayan mereka.

Mereka (warga) juga bantuan pemerintah untuk penyelesaian pembangunan gereja setempat yang akan diresmikan tahun depan.

Pos terkait