Hari Guru Nasional, Pendidik Diharapkan Tingkatkan Kemampuan Mengikuti Perkembangan Iptek

  • Whatsapp
Wakil Ketua DPRD, Azis Sangkala

Ambon, MalukuPost.com – 25 November merupakan hari bersejarah bagi Guru, setelah pemerintah Republik Indonesia melalui Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994, menetapkannya sebagai Hari Guru Nasional (HGN).

Dalam peringatan dimaksud, ada berbagai harapan terus disuarakan berbagai kalangan kepada tenaga pendidik maupun dunia pendidikan seiringnya perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek).

Bacaan Lainnya

Pasalnya perkembangan pendidikan di Maluku masih sangat tertinggal, baik dari sumber daya manusia maupun sarana prasarana mulai dari internet, listrik, maupun komputer/laptop, terutama di daerah daerah terdepan, terpencil dan tertinggal, yang sampai saat ini masih terisolir. Hal ini tentu berbeda jauh dengan daerah di pulau Jawa, yang telah berkembang pesat karena ditunjang dengan fasilitas dan infrastruktur memadai.

Kondisi ini tentu sangat berdampak terhadap proses belajar mengajar ditengah pandemi Covid-19 saat ini, dimana Guru dituntut untuk tetap menjalankan proses belajar mengajar secara virtual dengan serba kekurangan. Namun dilain sisi masih ada Guru yang gagap telknologi (Gaptek).

Untuk itu, momentum hari Guru ini, Wakil Ketua DPRD Maluku, Asis Sangkala melalui via-seluler, kamis (25/11/2021), merupakan momentum pembenahan diri untuk dunia pendidikan di negeri seribu pulau ini, selain harus dilengkapi dengan inrastruktur pendukung, Guru juga harus mampu mengembangkan potensi diri dengan mengikuti pelatihan-pelatihan untuk mengembangkan kompetensinya.

Dalam Dilain sisi, Pemerintah melalui organisasi perangkat daerah tersebut, dalam hal ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Maluku maupun Kabupaten/Kota, dituntut untuk membuat terobosan dalam meningkatkan profesional guru.

“Jadi Dinas bisa melakukan program pendidikan dan pelatihan buat guru, membantu guru agar memiliki sarana prasarana seperti laptop, wifi gratis di sekolah-sekolah dan memberikan tunjagan khusus buat guru-guru yang bertugas di daerah terdepan, terpencil dan tertinggal,”pintanya.

Diakhir statementnya Sangkala berpesan kepada semua guru, agar dapat menjalankan tugas dengan penuh amanah dan rasa tanggungjawab, serta profesional untuk meningkatkan mutu pendidikan di negeri seribu pulau ini.

Pos terkait