Dikhawatirkan Adanya Intervensi, Dikbud Maluku Diminta Umumkan Hasil Seleksi Kepsek

  • Whatsapp
Wakil Ketua DPRD, Azis Sangkala

Ambon, MalukuPost.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Maluku diminta untuk secepatnya mengumumkan hasil seleksi Kepala Sekolah (Kepsek) SMA/SMK-SLB.

Hal ini dimaksudkan agar tidak ada yang beranggapan, keterlambatan dalam pengumuman hasil seleksi dimaksud ada intervensi atau titipan dari pihak manapun.

Bacaan Lainnya

“Yang jadi persoalan sekarang ini belum juga diumumkan hasil kelulusan. untuk kita berharap keterlambatan tidak ada karena intervensi, atau titipan dari pihak manapun,”ujar Wakil Ketua DPRD Maluku, Azis Sangkala kepada wartawan diruang kerjanya, senin (22/11/2021).

Dikatakan, molornya pengumuman hasil seleksi, bisa berdampak terhadap kinerja, terutama sekolah yang masih diisi Pelaksana Tugas (Plt).

Untuk itu, menurutnya hasil seleksi ini harus secepatnya diumumkan, sehingga kebijakan yang membutuhkan kewenangan Kepsek defenitif bisa berjalan dengan baik. Selain itu, manajemen internal sekolah agar siswa dan guru bisa fokus untuk peningkatan mutu pendidikan.

“Kita tahu bersama mutu kita masih rendah, sehingga harus mengejar ketertinggalan. jadi faktor kepsek berperan penting untuk memastikan kurikulum bisa berjalan dengan baik, para guru bisa mengejar dengan baik dan meningkatmkan kapasitas, serta para siswa disiapkan iklim belajar kondusif, sehingga mereka tidak terlibat dalam hiruk pikuk atau kondisi yang tidak kondusif dilingkungan sekolah,”tuturnya.

Terlepas hal tersebut, ia mengakui proses seleksi Kepksek didukung penuh dewan, selain memberikan kesempatan kepada semua putri-putri terbaik daerah untuk menduduki jabatan Kepsek, namun juga dapat menghasilkan Kepsek yang berkompeten.

Untuk itu, proses yang dilakukan harus memenuhi rasa transparansi dan tetap berpegang kepada prinsip-prinsip profesionalitas dan memastikan orang terbaiklah yang diangkat menjadi kepsek.

“Kami berharap ibu Plt kadis, Insun Sangadji tetap memegang prinsip profesionalitas, transparasi dan memastikan orang terbaik yang punya integritas tinggi yang ditempatkan,”pintanya.

Pos terkait